ALL BLACKBERRY & VOUCHER HAJI DAN UMROH Tlpn : 085715181101

Ubuntu Maverick Meerkat

Posted by AgazSoft Kamis, 24 Maret 2011 0 komentar
Ubuntu 10.10, alias Maverick Meerkat

Instalasi
Biasanya tidak banyak yang  berubah drastis dari tahun ke tahun. Tapi di 10.10 sudah ada dorongan yang nyata untuk membuatnya lebih sederhana dan lebih mudah, terutama ketika di partisi. Dalam Maverick langkah menyembunyikan partisi tambahan dan mempartisi memberikan pandangan, sederhana dari partisi utama pada drive, bersama dengan logo untuk Ubuntu dan Windows untuk secara jelas mengidentifikasi mereka.
Yang baru adalah opsi untuk otomatis menginstal update, dan apakah akan mengaktifkan repositori pihak ketiga untuk driver closed-source. Hal ini jelas untuk mengatasi masalah lama dari Ubuntu tidak mampu untuk melakukan tugas-tugas tertentu di luar kotak seperti MP3 playback karena batasan lisensi.


Boot Screen
Salah satu hal pertama yang anda perhatikan setelah boot ke Maverick adalah tema baru dan font.  Sebenarnya pada awalnya saya menemukan butuh waktu untuk membiasakan diri, tapi setelah beberapa hari saya benar-benar menyukainya. Ini sangat bersih, mudah dibaca pada semua ukuran titik, dan bekerja sangat bagus dengan font smoothing untuk layar LCD. Ini lebih dari  perubahan visual lainnya yang membuat Ubuntu terlihat slick dan modern.

Melengkapi font dengan diperbarui Ambiance dan Radiance tema, yang telah lebih lanjut diperbaharui dan kini memperkuat unsur orange, yang dapat dilihat dalam menu highlighting. Sayangnya tombol-tombol masih berada di kiri, jadi jika anda ingin mengembalikan mereka ke kanan anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti berikut: Tekan Alt-F2 dan fire up 'gconf-editor'. Gulir ke bawah untuk Aplikasi> Metacity> General dan 'button_layout' berubah menjadi ': minimize, maximize, close'. Perhatikan tanda sebelumnya ':' sangat penting.
Perbaikan visual lainnya termasuk ikon diperbarui, berbagai backgrounds baru, dan kontrol volume dialog baru yang memungkinkan anda mengontrol Rhythmbox juga. Ini tambahan rapi, dan membantu untuk mengelola suara secara sederhana.

 Software Centre
Salah satu perubahan penting dalam Maverick merupakan upgrade untuk Software Centre. Selain dari gaya visual baru sekarang memberikan feedback yang lebih baik ketika menginstal atau menguninstall aplikasi; pihak ketiga sehingga anda dapat mudah mencari dan mengelola repositori software; otomatis menyembunyikan "technical packages" (seperti perpustakaan) dari pandangan kecuali anda memilih untuk melihat mereka, dan menampilkan riwayat apa saja yang terinstal, diperbarui, atau program dihapus.


Tapi ini hanya perubahan kecil. Salah satu fitur baru yang lebih bermanfaat termasuk kategori sebuah 'Pengaya' untuk setiap paket yang opsional dapat memiliki program lain atau alat yang berhubungan dengan mereka, sehingga sangat mudah, misalnya untuk menginstal sebuah media player dan kemudian opsional pilih untuk browser- plug-in untuk pemutaran media untuk diinstal juga. Sejauh ini saya telah menemukan banyak add-ons untuk program.

Akhirnya ada satu sedikit perubahan kontroversial - penambahan baru  kategori "Untuk Pembelian".  Sementara beberapa hardcore open-source mungkin fans untuk ide membayar setiap software yang berhubungan dengan Linux, Linux komersial program tersebut ada, dan sebagai Linux meningkatkan pangsa pasar ini agar menjadi pasar yang semakin menarik bagi perusahaan closed-source. Dan jika ada alat yang tepat untuk pekerjaan yang sudah menjadi produk yang dibayar, kebanyakan pengguna Linux dengan senang hati akan membayar untuk itu.


Satu-satunya hal yang hilang dari  Software Centre sekarang adalah user reviews dan ratings.

Dalam hal software baru, tidak terlalu banyak yang berubah seperti biasa (OpenOffice, Evolution, Firefox etc) yang diperbarui ke versi terbaru mereka. Pengecualian adalah manajer foto baru bernama Shotwell yang menggantikan F-Spot. Ini sangat mirip dalam fungsi, tetapi tampaknya lebih mudah untuk digunakan dan bagus untuk mengimpor foto dari iPhone.

Maverick membawa serta rilis baru dari Ubuntu Netbook Edition, yang kini hadir dengan antarmuka yang disebut Unity.  Unity dibangun dengan menggunakan tools yang sama yang masuk ke Shell Gnome di Gnome 3.0, dan begitu terlihat dan terasa mirip walaupun berbeda dengan Dekstop Edition. Dalam praktek itu dirancang untuk memaksimalkan layar real estat dan membuat menggunakan Ubuntu pada Netbook atau tablet cepat dan mudah. Dan itulah bagian yang paling menarik - bahwa Ubuntu sekarang memiliki layar sentuh dan gerakan mendukung membuatnya tidak hanya tepat untuk netbook, tetapi dipersiapkan untuk tablet juga.

Cloud
Kemajuan utama lainnya dengan Maverick adalah integrasi yang lebih layanan Cloud Ubuntu disebut Ubuntu One,misalnya, kemampuan untuk langsung mempublikasikan file dan folder melalui Nautilus.

Ini hanya sekilas tentang Ubuntu Maverick Meerket, bagi yang ingin mencoba Os ini bisa download langsung di Distro Ubuntu Geratissssssssssssss....

0 komentar:

Posting Komentar